Sate Lele mas Henri (SMAZA 94)

Ponorogo – Sate ayam dan daging sudah populer. Yang ini sate dibuat dari daging ikan lele khas Ponorogo. Kayak apa ya rasanya?

Ponorogo terkenal dengan sate ayam yang mantap karena potongan daging ayamnya besar. Dilumuri saus kacang yang gurih pedas. Tetapi Henri Wiratsongko dari Ponorogo membuat sate dari daging ikan lele.

Henri memanfaatkan ikan lele yang diternakkan dalam kolam aquaponik. Selain lebih bersih, ikan lele peliharaannya berukuran jumbo dengan daging tebal.

“Ada puluhan ikan lele jumbo, bobotnya sekitar 1 kilogram di kolam. Kalau saya jual ikan saja, harganya murah di pasaran. Akhirnya saya dan istri berinisiatif menjual sate lele,” tutur Henri kepada detikcom, Minggu (26/4/2020).

Cara membuatnya pun mudah, pertama ikan lele dipisahkan antara daging dan durinya dengan cara fillet. Kemudian dagingnya dipotong-potong bentuk dadu dan ditusuk menggunakan tusuk bambu seperti sate pada umumnya. Setelah itu lele dicelupkan pada bumbu yang telah disiapkan kemudian dipanggang.

“Memanggangnya menggunakan papan batu di atas kompor, beda dengan lele yang dibakar langsung di atas bara api,” jelas Henri.

Hal ini dilakukan agar daging lele tidak mudah rusak dan tetep utuh saat dihidangkan. Setelah matang sate lele kemudian disiram dengan bumbu kecap dan sambal kacang seperti halnya sate ayam pada umumnya.

“Untuk satu porsi dihargai Rp 13 ribu per 10 tusuk, kita juga jual paket hemat satu porsi 5 tusuk sate dan satu gelas teh seharga Rp 15 ribu,” jelas Henri.

Jika ingin menikmati sate lele buatan Henri bisa mengunjungi warungnya di Jalan Tangkuban Perahu 9C, Kelurahan Nologaten.

“Saat pandemi Corona ini saya juga jual dengan sistem online, supaya bisa langsung take away,” tandas Henri.

Sementara, salah satu penikmat sate Pramita Kusumaningrum mengaku sate lele ini cocok sebagai salah satu menu buka puasa. Ada sensasi rasa lembut dan halus dari potongan ikan lele yang enak saat dikunyah.

“Rasanya lembut, enak, beda dengan sate ayam dan kambing. Ini paling enak dinikmati saat berbuka puasa bersama keluarga,” pungkas Pramita.

sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4991651/gurih-lembut-sate-lele-ponorogo-sedap-untuk-berbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *